Apa yang Harus Dibanggakan?

OPINI – Bingung dengan kelakuan manusia yang merasa benar? Hanya Allah Yang Maha Benar.

Bingung dengan kelakuan manusia yang merasa pintar? Hanya Allah Yang Maha Pintar.

Bingung dengan kelakuan manusia yang meremehkan manusia lainnya. Allah Sang Pencipta saja tidak pernah meremehkan makhluknya.

Apa yang harus dibanggakan?

Apabila dicabut jiwa dari raga oleh Sang Pencipta, apakah ilmu yg kita punya yang kita sombongkan di luar sana akan membantu kita dialam kubur kelak?

Ataukah amal yang kita agungkan dapat membantu menjawab pertanyaan Mungkar dan Nangkir? Apakah jasad yang ditinggalkan oleh roh nya akan turut serta membawa ilmu yang sangat diagungkan?

Tidak perlu menjelaskan apa yang harus dijelaskan. Bukan masalah nama baik, kalau itu hanya akan menghisabku di akhirat kelak. Bukan pula perkara pengakuan kalau itu hanya akan membuatku semakin angkuh melebihi dari Sang Pencipta.

Allah tidak perlu disogok walaupun dengan sholat tahajjud di malam hari. Dia (Allah) Maha Mengetahui setiap niat yang ada di hati manusia.

Ini hanya persoalan berdamai dengan hati, berjalan dengan lurus. Manusia hanyalah makhluk ciptaan Allah yang berasal dari tanah dan akan kembali di kubur ke tanah yang berteman dengan selembar kain putih. Lalu apa yang dibanggakan?

Banda Aceh, 18 April 2020
Desy Puspita
Dosen Politeknik Kutaraja

Redaksi

Dengan senang hati kami menerima sumbangan tulisan Anda terkait ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan. Bisa kirim ke kontak kami. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *