Keutamaan Sedeqah di Bulan Ramadhan

ARTIKEL – Sejatinya setiap muslim merasa sangat senang dan bahagia dengan datangnya bulan ramadhan. Karena pada bulan tersebut terdapat bermacam hikmah yang luar biasa.

Bulan ramadhan memang sangat istimewa terutama karena pahala yang diberikan Allah SWT bagi orang beriman yang melakukan amal salih berlipat ganda.

Selain berpuasa dan tarawih, amalan terbaik yang bisa dikerjakan pada bulan suci ini adalah bersedeqah.

Sedeqah satu ibadah yang mudah dikerjakan. Bisa dilakukan kapan saja dan tidak terikat oleh jumlah dan syarat-syarat khusus sebagaimana halnya zakat.

Secara konsep sedeqah lebih luas dari zakat dan infak. Sedeqah merupakan pemberian seseorang kepada orang lain secara ikhlas yang tidak terikat pada jumlah, waktu, dan ketentuan khusus.

Sehingga amal yang satu ini dapat dilakukan oleh orang miskin sekalipun. Lagi pula bersedeqah tidak selalu berbentuk materi atau harta. Bahkan senyum saja sudah termasuk dalam kategori sedeqah.

Lantas apa saja keutamaan bersedeqah? Berikut 4 keutamaan bersedeqah dari sekian banyak keutamaan menurut Tafsir Ibnu Katsir.

  1. Sedeqah dapat menghapus dosa.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

  1. Orang bersedeqah akan mendapatkan naungan di hari akhir.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421).

  1. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

  1. Sedeqah memberikan keberkahan pada harta

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588).

Oleh karena itu jadikanlah momentum ramadhan tahun ini untuk menyedeqahkan sebagian dari harta terbaik kita dijalan Allah SWT agar memperoleh hikmah seperti tersebut diatas.

Sehingga hal itu dapat menjadi bekal bagi kita di hari kiamat kelak nantinya. Amiinn. (*)

Redaksi

Dengan senang hati kami menerima sumbangan tulisan Anda terkait ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan. Bisa kirim ke kontak kami. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *